Sabtu, 11 November 2017

Pentingnya Ilmu dalam Pernikahan

                                             Sumber: www.moslemmarket.wordpress.com


Nikah adalah amalan ibadah yang disyariatkan oleh Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Karena dibalik disyariatkannya nikah bagi umat Islam banyak hikmah dan faedah bagi kehidupannya.

Rasulullah bersabda: "Tetapi saya sholat, berpuasa, berbuka dan menikahi perempuan maka barangsiapa tidak suka dengan sunahku bukan dari golonganku (Mutafaq 'Alaih)

Hikmah disyariatkannya nikah:
1. Pemeliharaan dan penjagaan terhadap sepasang suami dan istri.
2. Menjaga masyarakat dari kejelekan dan rusaknya akhlak.
3. Suami dan istri dapat merasakan kesenangan satu sama lain dengan ditunaikannya hak dan kewajiban keduanya.
4. Sarana menyambungkan antara keluarga dan suku.
5. Melanggengkan suatu jenis manusia dengan jalan yang benar.


Posisi Ilmu dalam Islam

Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim. Sesuai hadits Rasulullah SAW: " Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim" (HR. Ahmad)

Ilmu yang dimaksud adalah ilmu dien (agama). Berisi petunjuk dan dalil berupa perintah dan larangan dari Allah. Tahu tentang hukum halal dan haram. Dengan ilmu juga mendatangkan rasa takut kepada Allah, dalam firman-Nya: "Sesungguhnya yang paling takut kepada Allah di antara hamba-hambaNya adalah orang yang berilmu (ulama)." (QS. Fathir: 28).

Perlu digaris bawahi bahwa orang berilmu yang dimaksud adalah yang memahami dan mengamalkan ilmu. Bukan orang yang memiliki banyak kitab atau riwayat.

Ilmu adalah warisan para Nabi dan merupakan cahaya hati, setinggi-tinggi derajatnya diantara sesama manusia dan sedekat-dekatnya manusia kepada Allah. Sebagaimana firmanNya":
"...Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat..." (Al-Mujadilah: 11)


Ilmu Sebagai Landasan untuk Membentuk Rumah Tangga

Sesungguhnya pasangan suami istri dalam berumah tangga akan menghadapi banyak problem dan untuk mengatasinya perlu ilmu.

Dengan ilmu, pasangan suami istri tau apa tujuan yang akan dicapai dalam sebuah pernikahan yaitu untuk beribadah kepada Allah dan dalam rangka mencari ridhaNya.

Selain itu, dengan ilmu pasangan suami istri sama-sama mengetahui hak dan kewajibannya. Sehingga jalannya bahtera rumah tangga akan harmonis dan baik.

Suami istri juga diamanahi untuk mendidik anak keturunannya agar menjadi generasi Rabbani yang tunduk pada Al-Qur'an dan As Sunnah, tumbuh menjadi pribadi dengan pemahaman dan  pendidikan iman sesuai ajaran Islam sejak kecil. Sungguh, ini adalah tugas yang berat dan tentu saja butuh ilmu.

Berkata Imam Al Qurthubi dalam tafsirnya: "Karena itu wajib bagi kaum laki-laki (suami) untuk memperbaiki dirinya dengan ketaatan dan memperbaiki isterinya dengan perbaikan seorang pemimpin atas apa yang dipimpinnya."

Dalam hadits shahih, Nabi SAW bersabda: "Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan ditanyai tentang apa yang dipimpinnya. Imam merupakan pemimpin manusia dan ia akan ditanyai tentangnya dan laki-laki (suami) adalah pemimpin keluarganya dan akan ditanyai tentangnya."


Semoga bermanfaat..

Referensi: Modul Kuliah Pra Nikah (KPN) STIKS NURUL ILMI JOGJAKARTA

Jumat, 13 Oktober 2017

Rahasia Pebisnis Sukses dan Hafal Quran Bisa Tembus Omzet Milyaran

Omzet Milyaran dan Hafal Qur'an. Ini dia Rahasianya...

By : Dewa Eka Prayoga (Dewa Selling)


Entah kenapa...
Saya selalu iri dengan mereka yang punya penghasilan Miliyaran per bulan dan dengannya mereka bisa sedekah jor-joran tanpa hitung-hitungan. MasyaAllah... Iri banget!
Dulu pas sharing di Medan, ada salah satu peserta training bapak-bapak yang perawakannya muda banget. Pas Saya ke belakang, dia ngajak ngobrol dan pengen ketemuan nanti malam di hotel tempat Saya menginap.
Malamnya, Saya turun dari kamar hotel ke lobi. Eh ternyata, bapak-bapak ini udah nongkrong dan nungguin. Kaosan, celana jeans.
Lalu dia ngajak Saya keluar,
"Kang, keluar yuk... Jangan disini ngobrolnya".
Saya pikir, kenapa enggak, yasudah... Yuk ah!
Di mobil, Saya ngobrol banyak, tapi masih tahap perkenalan dan basa basi. Biasalah, building rapport dulu, kan gak mungkin langsung ngomongin bisnis langsung blak-blakan.
Gak kerasa, nyampe deh tempat makan...
Nah, di tempat makan inilah obrolan serius muncul.
Ternyata, restoran tempat makan tersebut adalah miliknya. Wow! Luas banget..
Iseng Saya tanya,
"Udah berapa lama pak?"
Jawab:
"Oh, kalau yang ini baru-baru ini kok kang, belum nyampe setahun..."
Wah, Saya penasaran, kok jawabannya ada "yang ini" nya, berarti asumsinya ada bisnis yang lain dong. Hehe
Langsung Saya kepoin,
"Kalau yang lain pak?"
Jawab:
"Kalau rumah sakit, udah cukup lama. Robotik, lumayan juga. Madrasah, dari awal Saya bisnis. Hotel, juga udah lama sih... Ya gitu deh."
MasyaaAllah... Ini bukan orang sembarangan.
Sambil terkaget2, Saya bilang,
"Pak, banyak amat bisnisnya..."
Sembari bercanda, dia bilang,
"Ah, enggak ah kang, biasa aja. Hobi Saya sebenernya ngajar. Saya lulusan Al-Azhar Kairo..."
Yassalam...
Makin kepo nih Saya.
Langsung Saya bilang,
"Kalau lulusan Al-Azhar, hafidz Quran dong pak?"
Jawab:
"Ya Alhamdulillah... Bisnis cuma selingan aja.."
Dalam hati Saya bilang, "Wah ini orang assem tenan..."
(Tapi dalam konotasi baik ya.. )
Akhirnya kami ngobrol panjang lebar sampai tengah malam. Asyik banget lah pokoknya.
Saya banyak belajar dari bapak satu ini. Sederhana, pemikiran dan prestasinya luar biasa!
Salah satu pesan dia ke Saya ketika itu, begini kurang lebih,
"Kang, jangan pernah tinggalkan Al-Quran. Jaga Al-Quran. Sebisa mungkin setiap hari membaca dan mengkajinya..."
Allah ya rabb.. nyess di hati!
Saya gak puas. Minta wejangan lagi,
"Ada lagi gak stadz?"
(Saya tiba2 manggil dia ustadz)
Dia pun menjawab,
"Satu lagi, jangan pernah ragu untuk sedekah banyak. Saran Saya, nanti akang setiap hari Jum'at coba bagi-bagi nasi untuk orang-orang gak mampu di kota akang. Kenapa harus nasi? Saya ngajar tafsir. Kalau Saya jelasin alasannya, ini jelasinnya bisa sampai pagi kang. Pokoknya ikutin aja lah... hehe"
Saya nurut. Sami'na wa atho'na ke Guru, selama ajarannya bener.
Sepulang ke Bandung, wejangan dia Saya praktekkan hingga beberapa bulan kedepan.
Hasilnya emang ajaib!
Gak bisa diungkapkan dengan kata-kata...
Salutnya Saya, selain bisnisnya banyak dan besar-besar, omsetnya pun miliaran, tapi nggak pernah berhenti berbagi. Harta maupun ilmu.
Nah, Saya iri sama orang macam begini. Kepengen deh kaya dia. Allah..
Rasulullah SAW bersabda:
"Tidak diperbolehkan iri dan dengki, kecuali pada dua perkara. Pertama, seseorang yang diberi Allah harta kekayaan lalu ia menghabiskan harta kekayaan itu pada jalan yang benar. Kedua, seseorang yang diberi ilmu lalu ia mengamalkanya dan mengajarkannya pada orang lain" (HR. Muslim)
Jadi, iri sama orang macam begitu, gak apa-apa ternyata dalam Islam...
Semoga sharing singkat Saya hari ini, bermanfaat untuk Anda. Aamiin...

Jumat, 29 September 2017

Strategi Jitu Digital Marketing di Era Millenial


Strategi Jitu Digital Marketing di Era Millenial

      Di era milenial sekarang ini kita tidak akan lepas dari perkembangan media informasi yang begitu cepat. Terlebih jika anda adalah pelaku dunia usaha. Jangan puas hanya di zona nyaman anda saat ini. Jika kita tidak ingin terlindas oleh pesatnya perkembangan jaman maka teruslah belajar dan bergeraklah. Dan jika anda hari inipun tidak terbuka dengan informasi dan perubahan, percayalah anda akan merugi di masa mendatang karena perubahan dan inovasi tak akan pernah berhenti.

    Apa yang bisa kita lakukan untuk bergerak mengikuti perubahan jaman di era milleniall ini? Mulai dengan belajarlah tentang digital marketing atau pemasaran digital lalu praktekkan. Dalam digital marketing ada beberapa strategi jitu yang bisa anda maksimalkan untuk membangun branding sekaligus pengembangan bisnis anda. Apa saja strategi tersebut? Berikut ini penjelasannya.

1)     Social Media Marketing
Dengan jumlah penduduk mencapai ratusan juta jiwa, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan pengguna media social terbesar. ini merupakan pangsa pasar yang sangat potensial bagi para pelaku bisnis. Beberapa media social yang terbukti bisa diandalkan sebagai media promosi dan branding adalah sebagai berikut.
a.    Facebook
      Pemasaran melalui facebook bisa dilakukan dengan cara organik/non bayar maupun iklan berbayar (FB Ads). FB Ads memang lebih efektif karena lebih banyak mendatangkan prospek dan lebih tertarget. Anda bisa menyesuaikan budget iklan facebook anda sesuai kebutuhan.
b.    Instagram
Instagram marketing sama seperti facebook, anda bisa melakukannya dengan cara organik maupun berbayar. Untuk iklan instagram berbayar ini sudah satu paket dengan iklan facebook. Saat anda beriklan di facebook berbayar, anda bisa langsung terhubung ke iklan instagram.

c.     Twitter
Selain Facebook dan instagram, twitter pun berpotensi meninmbulkan Buzz atau world of mouth yang benar-benar baik. Bisa menciptakan trending topic dan tentu meningkatkan Brand Awarrenes produk Anda. Anda bisa menggunakan berbagai buzzer yang tersedia untuk sekedar memberikan tweet tentang product Anda.

d.    Youtube
Youtube adalah salah satu sosial media bervisual. Youtube menawarkan cara promosi yang unik dari platform sosial media lainnya. Dengan mengandalkan visual berupa suara dan video yang bisa diakses online, ternyata youtube juga memegang peranan sebagai search engine yang paling banyak dikunjungi setelah Google. Bisa dibayangkan bukan berapa keuntungan yang akan dapatkan ketika beriklan melalui youtube.

e.     Blog
Blog adalah halaman web online yang berisikan catatan, tulisan, ataupun rangkaian artikel yang dapat diperbaharui dan dapat diakses untuk pribadi maupun untuk umum. Manfaat blog untuk sarana pemasaran adalah mengedukasi pasar, membangun brand awareness, media promosi atau iklan, media berbagi informasi dan biaya marketing  lebih terjangkau.

2)    SEO
SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencari adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak berbayar, pencarian non iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari. Singkatnya, SEO adalah cara untuk menampilkan halaman website agar muncul di halaman 1 hasil pencarian alami atau non iklan.

3)    Landing Page
Landing page adalah suatu halaman website yang pertama kali dikunjungi oleh pengunjung. Ketika melakuakan pencarian di Google tentu akan muncul halaman website. Halaman website yang di klik dan dikunjungi inilah yang disebut Landing page. Makin banyak landing page yang dibuat maka makin ramailah yang mengunjungi website anda dan peluang terjadi penjualanpun lebih besar. Tampilan dan Informasi dalam landing page harus dibuat semenarik mungkin agar pengunjung tetap nyaman.

4)    Instan Messaging Marketing
Siapkan diri Anda untuk memasuki Mobile Advertisment di Indonesia, para raksasa telekomunikasi Indonesia berbondong-bondong mempromosikan instant messaging seperti WhatsApp, BBM, Telegram, Line, We Chat dan sebagainya. Tujuannya yaitu mereka sedang membuat komunitas dan tentu para pengguna aktif.
Lalu tujuannya untuk apa? tentu untuk media periklanan. Jadi siapkan diri Anda untuk memulai marketing via mobile seperti hal ini, cepat atau lambat hal ini akan booming di Indonesia. Karena faktanya orang indonesia sangat aktif menggunakan aplikasi-aplikasi semacam ini.

5)    Marketplace
Marketplace adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli secara online. Marketplace Indonesia yang paling banyak dikunjungi adalah OLX, Tokopedia, dan Bukalapak. Namun anda bisa juga menyesuaikan marketplace dengan jenis produk yang anda jual. Jika anda menjual properti sebaiknya juga beriklan di marketplace yang diperuntukkan untuk properti seperti rumahdijual, urabnindo, rumah123, rumah.com dll
6)    Email Marketing
Sejak dahulu email marketing masih dapat diandalkan dalam pengoptimalan marketing online dan maintenance client atau customer. Email marketing bukanlah strategi mendapatkan pelanggan baru namun lebih ke pendekatan pelanggan lama agar tetap loyal dan dapat menjadi potensial buyer.
Email Marketing sendiri memerlukan data email terlebih dahulu, hal ini bisa di dapat dari strategi list building atau membangun list dan sebagainya. Strategi email marketing ini cukup menarik karena membutuhkan penguasaan konsep networking dalam pembangunan list dan copywriting dalam setiap email yang dikirimkan ke list tersebut.
7)    Google AdWords dan Google AdSense
Google adwords digunakan untuk membuat iklan yang dapat muncul pada laman hasil penelususran Google yang relevan dan jaringan situs mitra Google. Sedangkan Google  AdSense berbeda karena menampilkan iklan Google AdWords di situs web individual. Selanjutnya, Google akan membayar penayang web untuk iklan yang ditampilkan di situs mereka berdasarkan klik pengguna pada iklan atau tayangan iklan, bergantung pada jenis iklan. Sebagai advertizer anda harus membayar ke Google sebagai ongkos pasang iklan di AdWords, sedangkan di dalam AdSense anda sebagai publisher akan digaji oleh Google. Dan katanya, uang dari hasil pasang iklan itulah yang digunakan Google untuk membayar para publisher.
     Beberapa manfaat yang diperoleh jika anda beriklan lewat AdWords: trafik akan lebih cepat naik dan tertarget, mendapat pengunjung web sesuai target, reputasi web meningkat sesuai SEO, dan omset penjualan meningkat.

Demikian penjelasan singkat mengenai jenis-jenis strategi jitu digital marketing. Anda bisa memilih beberapa dari strategi di atas yang sekiranya sesuai kemampuan dan kebutuhan anda. Bisa dimulai dari sosial media marketing yang gratisan dahulu. Seiring berkembangnya bisnis anda, barulah anda menambah strategi yang lainnya. Jika anda sudah siap mengeluarkan budget untuk strategi berbayar, silahkan anda coba untuk lebih mendongkrak penjualan !
Semoga bermanfaat !

Sumber: