Jumat, 03 Juni 2016

Dahsyatnya Keajaiban Sholat Berjamaah di Awal Waktu





Sholat adalah kewajiban bagi setiap muslim yang telah baligh. Ada 2 macam cara melaksanakan sholat baik sholat sunnah dan wajib yaitu shalat sendirian (munfarid) atau berjamaah. Masing-masing memiliki keajaiban di dalamnya. Khususnya shalat berjamaah memiliki keutamaan yang lebih dibanding shalat sendiri. Apalagi jika kita bisa konsisten melaksanakan shalat berjamaah di masjid di awal waktu dan bahkan jika kita sungguh-sungguh melaksanakannya ikhlas karena Allah maka akan kita dapati banyak keajaiban luar biasa yang dapat merubah hidup menjadi lebih baik. Salah satu bukti keajaiban tersebut adalah salah satu kisah nyata penuh ibrah yang akan disampaikan dalam penjelasan tulisan ini. Diantara keajaiban dan keutamaan sholat berjamaah di awal waktu adalah sebagai berikut.
1)      Shalat berjamaah memiliki keutamaan mendapatkan pahala 27 derajat lebih banyak dibanding shalat sendirian.
2)      Orang yang melakukan shalat berjamaah akan mendapat ampunan dosa dari setiap langkahnya menuju masjid.
3)      Orang yang menjaga shalat berjamaah selama 40 hari hingga tidak pernah tertinggal dari takbiratul ihram imam, maka dia akan mendapat penjagaan dari Allah dari melakukan  kemunafikan sehingga di akhirat kelak akan terbebas dari siksa neraka.
Rasulullah bersabda:
“Barangsiapa yang shalat karena Allah selama 40 hari secara berjama’ah dengan mendapatkan takbiratul pertama (takbiratul ihramnya imam), maka ditulis untuknya dua kebebasan yaitu kebebasan dari api neraka dan kebebasan dari sifat kemunafikan.” (HR. Tirmidzi, dihasankan di kitab Shahih Al Jami’ II/ 10894)
4)      Orang yang melaksanakan sholat isya’ secara berjamah maka ia seperti sholat malam separoh malam dan  yang melaksanakan sholat subuh berjamaah maka ia seperti sholat malam satu malam penuh.
5)      Sholat berjamaah menunjukkan kuatnya agama atau keimanan seseorang. Dari itu diharapkan sebagai seorang muslim penuh semangat untuk melaksanakan shalat dengan cara berjamaah.
6)      Keutamaan sholat subuh berjamaah dijadikan sebagai suatu syahadah (kesaksian, bukti) dari Allah, khususnya bagi orang yang konsisten menjaganya. Karena, sholat Subuh disaksikan oleh para malaikat yang mulia, selain para malaikat yang turut menyaksikan sholat sholat lainnya , yaitu sholat Subuh dan Ashar.
7)      Shalat berjamaah dapat menguatkan rasa persaudaraan sesama muslim.
8)      Dengan menjaga sholat wajib berjamaah awal waktu, apalagi dilakukan di masjid ternyata dapat mendatangkan keajaiban berupa keberkahan luar biasa yang tidak pernah terbayang sebelumnya.
Dibuktikan dengan kisah nyata dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya kisah seorang tukang becak yang konsisten lebih memilih menjaga sholat berjamaah awal waktu di masjid tanpa takut kehilangan uang dari kesempatan narik becak. Akhirnya mendapat berkah luar biasa yang tak disangka dari seorang Ibu Pengusaha yang menangis karena merasa tersadarkan oleh ketakwaan dan keyakinan beliau yang lebih memilih shalat berjamaah awal waktu di masjid ketimbang melanjutkan narik becak yang ditumpangi ibu tersebut. Bahkan rela tidak dibayar asal bisa shalat jamaah awal waktu di masjid. Dari sini, sang ibu pengusaha dan suaminya yang juga pengusaha sadar akan tingkat ketakwaan dan keyakinan akan janji Allah tidaklah setinggi Bapak tukang becak. Pada akhirnya Ibu pengusaha menghadiahkan kepada Bapak tukang becak uang 1 juta sebagai ongkos narik becak dan juga menghadiahi ibadah haji gratis. Sedang suami Ibu pengusaha menghadiahinya mobil angkot untuk pekerjaannya.
        Subhanallah, itu adalah kisah nyata penuh hikmah yang betul terjadi. Harapannya agar menjadikan kisah tersebut sebagai inspirasi dan semakin yakin dengan janji Allah. Dengan mengetahui keajaiban dan keutamaan shalat berjamaah diawal waktu, semoga bisa menjadikan kita lebih bersemangat untuk berusaha konsisten melaksanakan shalat wajib 5 waktu berjamaah di awal waktu dan lebih bagus lagi dapat melakukannya di masjid.

Semoga bermanfaat !

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar