Jumat, 29 September 2017

Strategi Jitu Digital Marketing di Era Millenial


Strategi Jitu Digital Marketing di Era Millenial

      Di era milenial sekarang ini kita tidak akan lepas dari perkembangan media informasi yang begitu cepat. Terlebih jika anda adalah pelaku dunia usaha. Jangan puas hanya di zona nyaman anda saat ini. Jika kita tidak ingin terlindas oleh pesatnya perkembangan jaman maka teruslah belajar dan bergeraklah. Dan jika anda hari inipun tidak terbuka dengan informasi dan perubahan, percayalah anda akan merugi di masa mendatang karena perubahan dan inovasi tak akan pernah berhenti.

    Apa yang bisa kita lakukan untuk bergerak mengikuti perubahan jaman di era milleniall ini? Mulai dengan belajarlah tentang digital marketing atau pemasaran digital lalu praktekkan. Dalam digital marketing ada beberapa strategi jitu yang bisa anda maksimalkan untuk membangun branding sekaligus pengembangan bisnis anda. Apa saja strategi tersebut? Berikut ini penjelasannya.

1)     Social Media Marketing
Dengan jumlah penduduk mencapai ratusan juta jiwa, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan pengguna media social terbesar. ini merupakan pangsa pasar yang sangat potensial bagi para pelaku bisnis. Beberapa media social yang terbukti bisa diandalkan sebagai media promosi dan branding adalah sebagai berikut.
a.    Facebook
      Pemasaran melalui facebook bisa dilakukan dengan cara organik/non bayar maupun iklan berbayar (FB Ads). FB Ads memang lebih efektif karena lebih banyak mendatangkan prospek dan lebih tertarget. Anda bisa menyesuaikan budget iklan facebook anda sesuai kebutuhan.
b.    Instagram
Instagram marketing sama seperti facebook, anda bisa melakukannya dengan cara organik maupun berbayar. Untuk iklan instagram berbayar ini sudah satu paket dengan iklan facebook. Saat anda beriklan di facebook berbayar, anda bisa langsung terhubung ke iklan instagram.

c.     Twitter
Selain Facebook dan instagram, twitter pun berpotensi meninmbulkan Buzz atau world of mouth yang benar-benar baik. Bisa menciptakan trending topic dan tentu meningkatkan Brand Awarrenes produk Anda. Anda bisa menggunakan berbagai buzzer yang tersedia untuk sekedar memberikan tweet tentang product Anda.

d.    Youtube
Youtube adalah salah satu sosial media bervisual. Youtube menawarkan cara promosi yang unik dari platform sosial media lainnya. Dengan mengandalkan visual berupa suara dan video yang bisa diakses online, ternyata youtube juga memegang peranan sebagai search engine yang paling banyak dikunjungi setelah Google. Bisa dibayangkan bukan berapa keuntungan yang akan dapatkan ketika beriklan melalui youtube.

e.     Blog
Blog adalah halaman web online yang berisikan catatan, tulisan, ataupun rangkaian artikel yang dapat diperbaharui dan dapat diakses untuk pribadi maupun untuk umum. Manfaat blog untuk sarana pemasaran adalah mengedukasi pasar, membangun brand awareness, media promosi atau iklan, media berbagi informasi dan biaya marketing  lebih terjangkau.

2)    SEO
SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencari adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak berbayar, pencarian non iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari. Singkatnya, SEO adalah cara untuk menampilkan halaman website agar muncul di halaman 1 hasil pencarian alami atau non iklan.

3)    Landing Page
Landing page adalah suatu halaman website yang pertama kali dikunjungi oleh pengunjung. Ketika melakuakan pencarian di Google tentu akan muncul halaman website. Halaman website yang di klik dan dikunjungi inilah yang disebut Landing page. Makin banyak landing page yang dibuat maka makin ramailah yang mengunjungi website anda dan peluang terjadi penjualanpun lebih besar. Tampilan dan Informasi dalam landing page harus dibuat semenarik mungkin agar pengunjung tetap nyaman.

4)    Instan Messaging Marketing
Siapkan diri Anda untuk memasuki Mobile Advertisment di Indonesia, para raksasa telekomunikasi Indonesia berbondong-bondong mempromosikan instant messaging seperti WhatsApp, BBM, Telegram, Line, We Chat dan sebagainya. Tujuannya yaitu mereka sedang membuat komunitas dan tentu para pengguna aktif.
Lalu tujuannya untuk apa? tentu untuk media periklanan. Jadi siapkan diri Anda untuk memulai marketing via mobile seperti hal ini, cepat atau lambat hal ini akan booming di Indonesia. Karena faktanya orang indonesia sangat aktif menggunakan aplikasi-aplikasi semacam ini.

5)    Marketplace
Marketplace adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli secara online. Marketplace Indonesia yang paling banyak dikunjungi adalah OLX, Tokopedia, dan Bukalapak. Namun anda bisa juga menyesuaikan marketplace dengan jenis produk yang anda jual. Jika anda menjual properti sebaiknya juga beriklan di marketplace yang diperuntukkan untuk properti seperti rumahdijual, urabnindo, rumah123, rumah.com dll
6)    Email Marketing
Sejak dahulu email marketing masih dapat diandalkan dalam pengoptimalan marketing online dan maintenance client atau customer. Email marketing bukanlah strategi mendapatkan pelanggan baru namun lebih ke pendekatan pelanggan lama agar tetap loyal dan dapat menjadi potensial buyer.
Email Marketing sendiri memerlukan data email terlebih dahulu, hal ini bisa di dapat dari strategi list building atau membangun list dan sebagainya. Strategi email marketing ini cukup menarik karena membutuhkan penguasaan konsep networking dalam pembangunan list dan copywriting dalam setiap email yang dikirimkan ke list tersebut.
7)    Google AdWords dan Google AdSense
Google adwords digunakan untuk membuat iklan yang dapat muncul pada laman hasil penelususran Google yang relevan dan jaringan situs mitra Google. Sedangkan Google  AdSense berbeda karena menampilkan iklan Google AdWords di situs web individual. Selanjutnya, Google akan membayar penayang web untuk iklan yang ditampilkan di situs mereka berdasarkan klik pengguna pada iklan atau tayangan iklan, bergantung pada jenis iklan. Sebagai advertizer anda harus membayar ke Google sebagai ongkos pasang iklan di AdWords, sedangkan di dalam AdSense anda sebagai publisher akan digaji oleh Google. Dan katanya, uang dari hasil pasang iklan itulah yang digunakan Google untuk membayar para publisher.
     Beberapa manfaat yang diperoleh jika anda beriklan lewat AdWords: trafik akan lebih cepat naik dan tertarget, mendapat pengunjung web sesuai target, reputasi web meningkat sesuai SEO, dan omset penjualan meningkat.

Demikian penjelasan singkat mengenai jenis-jenis strategi jitu digital marketing. Anda bisa memilih beberapa dari strategi di atas yang sekiranya sesuai kemampuan dan kebutuhan anda. Bisa dimulai dari sosial media marketing yang gratisan dahulu. Seiring berkembangnya bisnis anda, barulah anda menambah strategi yang lainnya. Jika anda sudah siap mengeluarkan budget untuk strategi berbayar, silahkan anda coba untuk lebih mendongkrak penjualan !
Semoga bermanfaat !

Sumber:

2 komentar:

  1. Artikel yang bagus tentang digital marketing. Membantu saya mengerti cara menjadi internet marketer.

    BalasHapus
  2. @NasaHeroSoftMedia, sama-sama, terimakasih kembali..
    Semoga bermanfaat..

    BalasHapus